Program belajar anak paud adalah suatu perangkat yang harus tersedia di setiap satuan pendidikan PAUD agar proses pembelajaran tidak ngawur maka kita harus pandai memilih materi-materi yg menyenangkan. untuk anak usia 2-3th mungkin belum mengenal konsep belajar namun dengan banyaknya bermain mereka akan mendapatkan beberapa pengetahuan baru sekaligus. inilah yang disebut sebagai proses bermain sambil belajar.
untuk kelas 2-3th biasanya kami tidak banyak memasukkan teori2. namun lebih pada praktek yang melibatkan anak sendiri dan orangtua yang mendampingi. kegiatannya bervariasi seperti berikut:
- menangkap dan melempar bola
- mendengar aba-aba (lari, jalan, berhenti)
- naik turun tangga
- meniti tali (seolah-olah dibuat sbg jembatan)
- bermain kereta api melewati terowongan
- mendorong kursi
- berlari dan memindahkan benda
- bernyanyi sambil bergaya
- menyusun balok atau puzzle
- berlari, merangkak, melompat, berjalan mundur, zig-zag
adapun kegiatan melatih motorik halus adalah sbb :
- mewarnai (bersama dengan ibunda masing-masing)
- menabur (bersama dengan ibunda masing-masing)
- meronce (bersama dengan ibunda masing-masing)
- menempel (bersama dengan ibunda masing-masing)
- klasifikasi benda
semua kegiatan tersebut bisa dilakukan sesuai dengan tema yang diberikan, misalnya :
- aku
- keluargaku
- teman-teman
- tubuh kita
- panca indera
- rumah kita
- kemandirian
- sekitar kita : dunia hewan
- sekitar kita : dunia tumbuhan
- transportasi
- aneka bentuk : lingkaran, kotak, segitiga
- cuaca
setiap tema bisa dikembangkan dan disesuaikan dengan jumlah pertemuan, misalnya 1 tema dibahas dalam waktu 4 kali pertemuan, maka buatlah beberapa kegiatan atau lembar kerja yang harus diselesaikan selama pertemuan tsb. carilah juga lagu-lagu yg mendukung tema supaya anak bisa lebih mudah mengingat pesannya.
yang perlu diingat dalam kegiatan belajar kelas 2-3th adalah mengajarkan anak bagaimana ia harus bisa mendengar perintah. anak-anak harus terbiasa melakukan perintah dari sang Bunda, misalnya berbaris, antri, bergantian, dsbnya. hal ini harus dilakukan terus secara berulang-ulang. bg perkembangan anak, pengulangan kebiasaan itu sangatlah penting. ini dapat menjadi bekal sebagai persiapan mereka untuk masuk ke kelas yang lebih besar. berdasarkan pengalaman, anak-anak yang tidak melalui kelas 2-3tahun, rata-rata mengalami kesulitan menyesuaikan diri di kelas besar 3-4tahun.
0 komentar:
Posting Komentar
Akan bijak bila memberi komentar bukan spam