Sabtu, 01 Februari 2014

Makalah Desain Pembelajaran Tentang Prota-Promes

Makalah Desain Pembelajaran Tentang Program Tahunan Dan Program Semester
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ……………………................................................. i
DAFTAR ISI……………………………………………………………… ii
BAB I             PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang …………………………………………………   1
B.     Rumusan Masalah ……………………………………………...  1
C.     Tujuan ……………………………………………………….....   1
BAB II            PEMBAHASAN
A.    Pengertian Program Tahunan …………………….....................    2
B.     Langkah Penyusunan Program tahunan……………….………......   3
C.     Rencana Program Semester ………………………………….......    7
D.    Langkah-Langkah Penyusunan Program Semester ....................   9
BAB III          PENUTUP
A.    Kesimpulan …………………………………………………...    10
DAFTAR PUSTAKA……………………………………….......................12



BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang Masalah
Kita sebagai calon guru semestinya kita harus mengetahui tentang perencanaan Untuk memperlancar suatu system pendidikan dan pembelajaran yang efektif maka diperlukan adanya perencanaan yang matang termasuk salah satunya adalah program satu tahun dan program semester  yang harus disiapkan dalam suatu lembaga pendidikan
Dengan adanya kebutuhan ini maka kami akan mencuplik agar kita semua bisa mengetahui atas apa itu program tahunan dan program semester.
  1. Rumusan Masalah
1.      Apakah program tahunan itu?
2.      Bagaimana cara menyusun program tahunan?
3.      Apa pengertian Rencana Program Semester
4.      Bagaimana langkah-langkah Penyusunan Program Semester.
C.    Tujuan
1.      Untuk memahami pengertian program tahunan.
2.      Untuk mengetahui cara menyusun program tahunan.
3.      Untuk memahami pengertian program semester.
4.      Untuk mengetahui langkah-langkah menyusun program semester.



BAB II
PEMBAHASAN
A.      Pengertian Program Tahunan
Dalam pengertian program tahunan terdapat beberapa pendapat yang menjelaskan tentang pengertian tersebut. Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan(SK dan KD)yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh sisiwa. penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.
Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas , berisi tentang garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai , karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya, yakni program semester, mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian komponen-komponen program tahunan meliputi identifikasi(satuan pendidikan,mata pelajaran, tahun pelajaran) standart kompetensi , kompetensi dasar , alokasi waktu dan keterangan.
Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini telah dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran sebelum tahun ajaran karena merupakan pedomkan bagi pengembangan program-program berikutnya.
B.       Langkah Penyusunan Program tahunan
Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengembangkan program tahunan adalah
a. Lihat berapa jam alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran dalam seminggu dan struktur kurikulum seperti yang telah ditetapkan pemerintah, analisis berapa minggu efektif dalam satu semester, seperti yang telah ditetapkandalam gambar alokasi waktu efektif
b. Melalaui analisis tersebut kita dapat menentukan berapa minggu waktu yang tersedia untuk pelaksanan proses pembelajaran.
c. Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efektif,belajar, waktu pembelajaran efektif (per minggu). Hari-hari libur meliputi:
a)      Jeda tengah semester
b)      Jeda antar semester
c)      Libur akhir tahun pelajara              
d)     Hari libur keagaman
e)      Hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional
f)       Hari libur khusus
d. Menghitung jumlah minggu efektif setiap bulan dan semester dalam satu tahun dan memasukkan dalam format matrik yang tersedia.
e. Medistribusikan olokasi waktu yang disediakan untuk suatu mata pelajaran, pada setiap KD dan topik bahasannya pada minggu efektif, sesuai ruang lingkup cakupan maeri, tingkat kesulitan dan pentingnya materi tersebut, serta mempertimbangkan waktu untuk ulangan serta review materi.
Sumber-sumber yang dapat dijadikan bahan pengembangan program tahunan antara lain :
Daftar Standard Kompetensi sebagai konsensus nasional yang dikembangkan dalam buku Garis-Garis Besar Program Pengajaran (GBPP)setiap mata pelajaran yang akan dikembangkan
Skope dan Sekuensi setiap Kompetensi untuk mencapai tujuan pembelajaran diperlukan materi pembelajaran, materi pembelajara tersebut disusun dalam pokok-pokok pembahasan yang mengandung ide-ide pokok yang sesuai kompetensi dan tujuan pembelajaran .Skope adalah ruanglingkupdan batasan-batasan keluasan setiap pokok dan sub pokok bahasan sedangkan Sekuesi adalah urutan logis daripokok dan sub pokok bahasan. Pengembangan skope dan skuensi ini bias dilakukan oleh masing – masing guru mata pelajaran, dan dapat dikembangkan dalam kelompok kerja guru ( KKG ) untuk setiap mata pelajaran.
Kalender pendidikan penyusunan kalender pendidikan selama satu tahun pelajaran mengacu pada efesiensi, efektifitas dan hak-hak peserta didik.
PROGRAM  TAHUNAN
Sekolah              : ............................
Mata Pelajaran    :  ...............................
Kelas/Program    :  ..............................
Tahun Ajaran      :  2012-2013
NO.
NO. SK/KD
STANDAR KOMPETENSI/ KOMPETENSI DASAR
ALOKASI WAKTU
KET.
1.




2.




3.




4.





CONTOH PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Satuan Pendidikan                      : MAN
Mata Pelajaran                            : Qur’an Hadits
Kelas                                             : X
Tahun Pelajaran                         : 2011/2012

Smt.
Jenis Kegiatan
Alokasi
Waktu
Ket
X/I
1.Memahami pengertian Al-Qur’an dan bukti keotentikannya
6


2.memahami isi pokok ajaran al-qur’an
4


3.Memahami fungsi al-Qur’an dalam kehidupan
4


4.Memahami cara-cara mencari surat dan ayat dalam Al-Qur’an
2


5.Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah dibumi
6


6.Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang demokrasi
2


7.Ulangan bulanan dan perbaikan
8



           Jumlah alokasi waktu
32



X/II
1.Memahami istilah-istilah Hadits
6


2.Memahami sanad dan matan hadits
4


3.Mendeskripsikan fungsi hadits terhadap Al-Qur’an
6


4.Memahami pembagian hadits dari segi kuantitas dan kualitasnya
4


5.Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan beribadah
10



Jumlah Alokasi Waktu
30







Padang 26 oktober 2011
Mengetahui,
Kepala sekolah

Marjohan Hadidi



C.   Rencana Program Semester
Program semester ialah program yang berisikan garis-garis mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam satu semester. Program semester ini merupakan penjabaran dari program tahunan.
Pada umumnya komponen-komponen program semester ini yaitu: identifikasi (satuan pendidikan, mata pelajaran, semester, tahun pelajaran), bulan, standar kompetensi dan materi pokok yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan dan keterangan-keterangan.
Semester adalah satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam semester itu ialah kegiatan tatap muka, praktikum, keraja lapangan, mid semester, ujian semester dan berbagai kegiatan lainya yang diberi penilaian keberhasilan.
Dalam program pendidikan semester dipakai satuan waktu terkecil, yaitu satuan semester untuk menyatakan lamanya satu program pendidikan. Masing-masing program semester sifatnya lengkap dan merupakan satu kebulatan dan berdiri sendiri. Pada setiap akhir semester segenap bahan kegiatan program semester yang disajikan harus sudah selesai dilaksanakan dan mahasiswa yang mengambil program tersebut sudah dapat ditentukan lulus atau tidak.
Program semester berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Program semester ini merupakan penjabaran dari program tahunan. Kalau program tahunan disusun untuk menentukan jumlah jam yang diperlukan untuk mencapai kompetensi dasar, maka dalam program semester diarahkan untuk menjawab minggu keberapa atau kapan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar itu dilakukan.
Pada umumnya program semester ini berisikan tentang bulan, pokok bahasan yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan, dan keterangan-keterangan.

Format untuk program semesteran dapat dilihat pada halaman berikut ini.
PROGRAM SEMESTER
Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran             :
Kelas                           :
Semester                      :
No
SK. KD
Alok. Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4









































































































            Dari format semesteran di atas maka tampak jelas bahwa program ini pada dasarnya sebagai penjabaran dari program tahunan. Cara pengisian program di atas adalah sebagai berikut:
a.       Tentukan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang ingin dicapai. Dalam hal ini guru tidak perlu merumuskan SK dan KD, sebab semuanya sudah ditentukan dalam Standar Isi (SI), yakni pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang sudah kita kenal , kecuali kalau kita memang diharuskan merumskan SK dan KD sendiri, misalnya dalam merumuskan kurikulum Muatan Lokal (Mulok).
b.       Lihat program tahunan yang telah kita susun untuk menentukan alokasi waktu atau jumlah jam pelajaran setiap SK dan KD itu.
c.       Tentukan pada bulan dan minggu keberapa proses pembelajaran KD itu akan dilaksanakan.
D.   Langkah-langkah Penyusunan Program Semester
a.    Memasukkan KD, topik dan sub topik bahasan dalam format Program Semester.
b.    Menentukan jumlah jam pada setiap kolom minggu dan jumlah tatap muka per minggu untuk mata pelajaran.
c.    Mengalokasikan waktu sesuai kebutuhan bahasan topik dan sub topik pada kolom minggu dan bulan.
d.   Membuat catatan atau keterangan untuk bagian-bagian yang  membutuhkan penjelasan.
BAB III
PENUTUP
  1. Kesimpulan
1.      Secara garis besar, dapat diartikan bahwa peroram tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan(SK dan KD)yang telah ditetapkan.
2.      Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengembangkan program tahunan adalah:
a.       Lihat berapa jam alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran dalam seminggu dan struktur kurikulum.
b.      Melalaui analisis tersebut kita dapat menentukan berapa minggu waktu yang tersedia untuk pelaksanan proses pembelajaran.
c.       Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efektif,belajar, waktu pembelajaran efektif (per minggu).
d.      Menghitung jumlah minggu efektif setiap bulan dan semester dalam satu tahun dan memasukkan dalam format matrik yang tersedia.
e.       Medistribusikan olokasi waktu yang disediakan untuk suatu mata pelajaran.
3.      Program semester ialah program yang berisikan garis-garis mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam satu semester.
4.      Langkah-langkah Penyusunan Program Semester.
a.       Memasukkan KD, topik dan sub topik bahasan dalam format Program Semester.
b.      Menentukan jumlah jam pada setiap kolom minggu dan jumlah tatap muka per minggu untuk mata pelajaran.
c.       Mengalokasikan waktu sesuai kebutuhan bahasan topik dan sub topik pada kolom minggu dan bulan.
d.      Membuat catatan atau keterangan untuk bagian-bagian yang  membutuhkan penjelasan




DAFTAR PUSTAKA
Prof.H. Umar Hamalik, Kurikulum berbasis kompetensi. 2004. Bandung : PT Rosda karya
Drs Darwyn Syah,M.Pd dkk. Perencanaan System Pengajaran Pendidikan Agama Islam. 2007. Jakarta : Gaung Persada Perss.
Dr.Wina Sanjaya, M. Pd. Perencanaan Dan Desain System Pembelajaran. 2008. Jakarta : Prenada Media Grup,
Depdiknas. 2005. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: PP no. 19 tahun 2005.
Mulyase, E. 2007. Kurikulum berbasis kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyase, E. 2007.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Suharsimi Arikunto, Penilaian program pendidikan, Cet 1(JakartaPT. BINA AKSARA, 1988)
Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Cet.3(Jakarta: Kencana, 2010), Hal. 52
E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008) Hal. 95
http://www.staimu-tpi.ac.id/2009/01/pengertian-dan-program-semester.html
Ahmad sodiqiy & Djunaidatul Munawwarah, Modul Pengembangan Perangkat pembelajaran PAI (Samarinda:T.tp, 2011) hal. 22
Ahmad sodiqiy & Djunaidatul Munawwarah, Modul Pengembangan Perangkat pembelajaran PAI (Samarinda:T.tp, 2011) hal. 22-23

2 komentar:

Unknown mengatakan...

bagaimana cara mintak file ini pak?/

Unknown mengatakan...

sepkat abdul latif

Posting Komentar

Akan bijak bila memberi komentar bukan spam

PONPES SHIDIQIIN WARA` PURWOJATI

Sholawat_Badar-Puput_Novel-TOPGAN

Blogger templates

href="http://www.yayasangurungajiindonesia.com" ' rel='canonical'/>>

Adsendiri

Pasang Iklan Disini

adsend

Pasang Iklan Disini

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls