Selasa, 11 Februari 2014

Pengertian Dan Ciri-Ciri Artikel

Pengertian Artikel
Apa itu pengertian artikel ilmiah dan secara umum sebenarnya? Kita tentu sangat sering mendengar kata-kata ini setiap hari. Berikut pengertian artikel, definisi dan artinya. Istilah artikel dapat diartikan sebagai suatu karya tulis yang berisi pendapat, opini dari seseorang yang membahas dengan tuntas suatu permasalahan tertentu yang sifatnya terkini namun sering juga sifatnya kontroversi dalamMenurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian artikel adalah karya tulis lengkap dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya. Pengertian artikel yang dituliskan di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ini akhirnya membuat banyak orang yang salah persepsi akan berbagai tulisan yang ada di media cetak termasuk di dalamnya penulisan untuk media online. Padahal di dalam karya tulis yang dicetak di media cetak tersebut, karya-karya tulis tersebut tidak hanya berupa artikel, namun ada juga bentuk karya tulis yang berupa opini dan kolom. . Artikel ditulis dengan tujuan untuk memberikan suatu informasi, mempengaruhi orang lain atau masyarakat, memberikan persuasif argumentatif atau meyakinkan seseorang atau masyarakat hingga memberikan hiburan kepada seorang pembaca.

Sedangkan pengertian artikel yang berkaitan dengan umum yang ditujukan kepada masyarakat luas biasanya ditampilkan pada sebuah media cetak, majalah dinding, serta ada pula berupa suatu tugas untuk penyampaian ide, gagasan, dan pengetahuan yang dituangkan pada suatu media tulis. Sehingga penggunaan bahasa dan kata pada artikel harus kata yang terpopuler. Serta menggunakan suatu topik yang masih hangat diperbincangkan di masyarakat.

Seperti karya tulis pada umumnya, penulisan artikel terdiri dari tiga unsur yaitu pendahuluan, isi dan penutup. Namun unsur tersebut tidak diatur secara baku, seperti halnya majalah, skripsi, tesis dan karya tulis baku lainya. Selain itu artikel juga tidak ditandai dengan adanya bagian bab, pembedaan bab hanya ditandai dengan peralihan paragraf saja.

Sehingga pengertian artikel secara umum dapat diartikan sebagai salah satu karya tulis yang didalamnya memuat suatu tujuan dan maksud dari penulisan tersebut serta adanya pembahasan pada suatu hal tersebut.

Karakteristik Artikel

a. Ditulis dengan atas nama
b. Mengandung gagasan aktual dan gagasan kontroversial
c. Gagasan yang diangkat harus menyangkut kepentingan sebagian terbesar khalayak pembaca
d. Ditulis secara referensial dengan visi intelektual
e. Disajikan dalam bahasa yang hidup, segar, populer, dan komunikatif
f. Singkat dan tuntas
g. Orisinil atau asli tulisan hasil sendiri
Jenis-Jenis Artikel
A. Menurut Isisnya
a. Artikel Praktis
Yaitu artikel yang suka ditulis dalam majalah atau koran yang singkat dan mudah dipahami
b. Artikel Ringan
Yaitu artikel yang mudah dipahami
c. Artikel Halaman Opini
Yaitu artikel yang ditulis dihalaman opini misalnya artikel tentang pendapat dari para pembaca
d. Artikel Analisis Ahli
Yaitu artikel yang ditulis tentang para ahli
1. Lugas Di dalam sebuah artikel, kalimat-kalimat yang digunakan adalah kalimat sederhana yang tanpa basa basi dan tidak mengandung arti ganda. Penggunaan unsur lugas di dalam sebuah artikel ini semakin memperkuat pengertian artikel itu sendiri. Di dalam sebuah artikel haruslah menggunakan kalimat-kalimat sederhana yang mudah dimengerti oleh pembacanya dan menghasilkan pengertian yang sama bagi setiap pembacanya.

 
2. Tuntas Di dalam setiap penulisan artikel, setiap isi yang menjadi pembahasan di dalam artikel itu haruslah di bahas dengan tuntas dan tidak dibiarkan menggantung tanpa penyelesaian. Misalnya, saja suatu artikel membahas tentang bahaya narkoba, maka pembahasan mengenai bahaya narkoba itu harus dibahas hingga selesai. Jangan sampai ketika selesai membaca artikel tersebut, orang masih bertanya-tanya akan bahaya narkoba.

3. Logis

Di dalam artikel itu haruslah sesuai dengan logika, masuk akal dan akan dinyatakan dengan benar jika dinalarkan. Pengertian artikel di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memang tidak dijelaskan secara mendetail tentang kelogisan sebuah artikel itu seperti apa. Namun sudah banyak tulisan-tulisan yang memberi contoh bagaiman sebuah artikel tersebut dikatakan logis dan masuk akal.

4. Obyektif Di dalam penulisan sebuah artikel maka data-data yang digunakan untuk menuliskan artikel itu adalah data-data yang sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya dan dapat diterima oleh masyarakat umum. Data yang tidak objektif akan menjadikan tulisan di dalam artikel itu menjadi diragukan kebenarannya. Padahal, jika disesuaikan dengan pengertian artikel yang sesungguhnya yang menyatakan bahwa sebuah artikel itu haruslah berdasarkan fakta dan kenyataan yang ada serta harus aktual, maka data yang tidak obyektif tidak dapat dimasukkan sebagai data dalam penulisan artikel.

5. Cermat Di dalam penulisan artikel itu tidak menimbulkan keragu-raguan orang-orang yang membaca artikel tersebut. Di dalam pengertian artikel memang tidak disebutkan tentang penggunaan cermat dan memang membutuhkan kecermatan penulisnya untuk menghasilkan sebuah artikel yang sesuai dengan data yang sebenarnya.
6. Jelas dan Padat Di dalam pengertian artikel sudah disebutkan bahwa di dalam penulisan sebuah artikel haruslah menggunakan bahasa yang jelas dan padat sehingga semua orang yang membaca artikel tersebut dapat langsung mengetahui isi artikel itu. Selain itu, penggunaan kalimat dan bahasa yang jelas dan padat akan mencegah timbulnya persepsi yang berbeda pada orang-orang yang membaca artikel yang sama.

B. Menurut Cara Dan Bentuk Menulisnya
  1. Deskripsi
  2. Narasi
  3. Eksposisi
  4. Argumentasi
  5. Persuasi

Tujuan penulisan artikel paling misalnya;
1. Tujuan Penugasan

Misalnya seorang siswa sekolah yang diberi tujuan untuk menulis sebuah artikel.
2. Tujuan Informasi
Artikel yang tujuannya semata-mata untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai sebuah hal.
3. Tujuan Persuasi (membujuk)
Artikel yang mengulas sesuatu hal yang didalamnya terkandung muatan pembujukan kepada pembaca untuk melakukan suatu hal atau membeli suatu barang. Misalnya artikel tentang diabetes yang terselip materi promosi akan suatu produk bebas gula yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Secara tidak langsung, ini menjadi sanggahan akan ciri obyektif sebuah artikel yang telah disebutkan diatas.
4. Tujuan Entertainment
     Artikel yang tujuannya untuk menghibur pembaca.
5. Tujuan Eksistensi
  Artikel yang ditulis untuk menjadi penegasan diri atau untuk menyatakan    eksistensi diri       
     penulis kepada pembaca.
6. Tujuan Kreatif

      Artikel yang ditulis untuk penyaluran suatu ide.
7. Tujuan Pemecahan masalah
 Yakni artikel yang ditulis dengan tujuan membantu pembaca memecahkan permasalahan 
     yang dihadapi.



bagaimana cara menulis artikel yang baik dan benar itu? Saya akan menuliskan tahapan-tahapan agar artikel kita layak disebut artikel yang berkelas.

1. Tentukan tema dan buat garis besar tulisan
2. runcingkan permasalahan dalam tema yang akan anda tulis misalnya anda mengambil tema tentang musik maka runcingkan menjadi Perkembangan musik indonesia
3. buat garis tulisan, misal dalam tema Perkembangan musik indonesia apa saja yang akan ada dalam tulisan anda >> Musik = Tokoh musik, musisi, genre musik, pembajakan CD dan lagu, kualitas penyanyi tahun ini, peran media
4. setelah itu buatlah tulisan yang tegas dan memiliki skema, misalnya paragraf pertama tulislah definis musik kemudan paragraf kedua tulislah awal musik masuk di indonesai dan paragraf ketiga semakin runcing mendekati pokok pembahasan.
5. buatlah tulisan yang logis atau bisa dipikir dengan logika
6. Cermat lah dalam menyusun kata dan kalimat agar tulisan anda semakin ;lama semakin menarik untuk dibaca dan tidak membosankan pada paragraf awal.
7. Buatlah alur tulisan yang komunikatif dengan demikian maksud dalam tulisan anda akan mudah dipahami

0 komentar:

Posting Komentar

Akan bijak bila memberi komentar bukan spam

PONPES SHIDIQIIN WARA` PURWOJATI

Sholawat_Badar-Puput_Novel-TOPGAN

Blogger templates

href="http://www.yayasangurungajiindonesia.com" ' rel='canonical'/>>

Adsendiri

Pasang Iklan Disini

adsend

Pasang Iklan Disini

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls