Kamis, 06 Februari 2014

Materi Pembelajaran PAUD Usia 2-3 Tahun

Program belajar anak paud adalah suatu perangkat yang harus tersedia di setiap satuan pendidikan PAUD agar proses pembelajaran tidak ngawur maka kita harus pandai memilih materi-materi yg menyenangkan. untuk anak usia 2-3th mungkin belum mengenal konsep belajar namun dengan banyaknya bermain mereka akan mendapatkan beberapa pengetahuan baru sekaligus. inilah yang disebut sebagai proses bermain sambil belajar.

untuk kelas 2-3th biasanya kami tidak banyak memasukkan teori2. namun lebih pada praktek yang melibatkan anak sendiri dan orangtua yang mendampingi. kegiatannya bervariasi seperti berikut:
  1. menangkap dan melempar bola
  2. mendengar aba-aba (lari, jalan, berhenti)
  3. naik turun tangga
  4. meniti tali (seolah-olah dibuat sbg jembatan)
  5. bermain kereta api melewati terowongan
  6. mendorong kursi
  7. berlari dan memindahkan benda
  8. bernyanyi sambil bergaya
  9. menyusun balok atau puzzle
  10. berlari, merangkak, melompat, berjalan mundur, zig-zag
adapun kegiatan melatih motorik halus adalah sbb :
  1. mewarnai (bersama dengan ibunda masing-masing)
  2. menabur (bersama dengan ibunda masing-masing)
  3. meronce (bersama dengan ibunda masing-masing)
  4. menempel (bersama dengan ibunda masing-masing)
  5. klasifikasi benda
semua kegiatan tersebut bisa dilakukan sesuai dengan tema yang diberikan, misalnya :
  • aku
  • keluargaku
  • teman-teman
  • tubuh kita
  • panca indera
  • rumah kita
  • kemandirian
  • sekitar kita : dunia hewan
  • sekitar kita : dunia tumbuhan
  • transportasi
  • aneka bentuk : lingkaran, kotak, segitiga
  • cuaca
setiap tema bisa dikembangkan dan disesuaikan dengan jumlah pertemuan, misalnya 1 tema dibahas dalam waktu 4 kali pertemuan, maka buatlah beberapa kegiatan atau lembar kerja yang harus diselesaikan selama pertemuan tsb. carilah juga lagu-lagu yg mendukung tema supaya anak bisa lebih mudah mengingat pesannya.
yang perlu diingat dalam kegiatan belajar kelas 2-3th adalah mengajarkan anak bagaimana ia harus bisa mendengar perintah. anak-anak harus terbiasa melakukan perintah dari sang Bunda, misalnya berbaris, antri, bergantian, dsbnya. hal ini harus dilakukan terus secara berulang-ulang. bg perkembangan anak, pengulangan kebiasaan itu sangatlah penting. ini dapat menjadi bekal sebagai persiapan mereka untuk masuk ke kelas yang lebih besar. berdasarkan pengalaman, anak-anak yang tidak melalui kelas 2-3tahun, rata-rata mengalami kesulitan menyesuaikan diri di kelas besar 3-4tahun.

0 komentar:

Posting Komentar

Akan bijak bila memberi komentar bukan spam

PONPES SHIDIQIIN WARA` PURWOJATI

Sholawat_Badar-Puput_Novel-TOPGAN

Blogger templates

href="http://www.yayasangurungajiindonesia.com" ' rel='canonical'/>>

Adsendiri

Pasang Iklan Disini

adsend

Pasang Iklan Disini

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls