Kamis, 07 November 2013

Menghitung Luas Dan Keliling Jajaran Genjang

Jajaran genjang merupakan bangun datar dua dimensi yang terbentuk dari dua pasang rusuk yang masing-masing sama panjang dan sejajar dengan pasangannya dan memiliki 2 pasang sudut dimana sudut tersebut bukan sudut siku-siku dan masing-masing memiliki besar sudut sama dengan sudut yang ada dihadapannya. Wah terlalu panjang ya teman-teman, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar jajar genjang berikut.
Berdasarkan gambar maka kita akan lebih paham bagaiman jajar genjang itu. Sebenarnya sangat sederhana bukan, pastinya kita telah memahami definisi jajar genjang tadi.
Jajar genjang dengan empat rusuk yang sama panjang disebut belah ketupat.
Menghitung Luas Dan Keliling Jajaran Genjang
Rumus untuk menghitung luas jajar genjang adalaah sebagai berikut :
Luas = alas × tinggi
Sedangkan untuk menghitung keliling jajar genjang kita gunakan rumus :
Keliling = 2.alas + 2. sisi miring
Keliling = 2 ( alas + sisi miring )
Rumus yang digunakan untuk menghitung keliling jajaran genjang :

K = 2 x ( a + t )

atau,

K = 2 alas + 2 tinggi

keterangan :
K = Panjang keliling jajaran genjang
Perhatikan gambar dibawah ini.
Jika kita perhatikan gambar disamping maka kita akan mengerti kenapa terdapat ketentuan yang sama antara jajar genjang dengan persegi panjang. Persamaan tersebut tidak hanya saat kita menghitung luas tetapi juga keliling.
Coba perhatikan tanda panah, jika kita pindahan segitiga yang merupakan bagian dari jajar genjang ke sebelah kiri maka bangun yang akan terbentuk adalah persegi panjang sehingga terbuktilah mengapa prinsip yang dipakai dalam menghitung luas dan keliling jajar genjang sama dengan prinsip yang dipakai dalam menghitung luas dan keliling persegi panjang karena bentuknyapun sebenarnya sama.
Sekiranya cukup pembahasan kali ini tentang Menghitung Luas dan Keliling Jajaran Genjang, tidak sulit bukan matematika itu. Karena ilmunya pasti semua jawaban dapat dicari dan pasti tanpa menumbulkan berbagai perdebatan pendapat yang mungkin saja dapat menimbulkan konflik. Semangatlah dalam belajar matematika karena matematika itu menyenangkan. Coba saja buka rumus bangun datar yang lain seperti Rumus Mencari Luas Segitiga Lengkap, semakin paham maka kita akan semakin cinta.

0 komentar:

Posting Komentar

Akan bijak bila memberi komentar bukan spam

PONPES SHIDIQIIN WARA` PURWOJATI

Sholawat_Badar-Puput_Novel-TOPGAN

Blogger templates

href="http://www.yayasangurungajiindonesia.com" ' rel='canonical'/>>

Adsendiri

Pasang Iklan Disini

adsend

Pasang Iklan Disini

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls